Cerita Dibalik Loki Marvel

02/06/2019


Loki, dalam mitologi Norse, penipu curang yang mempunyai potensi untuk merubah bentuk serta type kelaminnya. Walau ayahnya ialah Fárbauti raksasa, dia terhitung antara Aesir (suku beberapa dewa). Loki diwakilkan jadi rekan beberapa dewa besar Odin serta Thor, menolong mereka dengan gagasan cerdiknya, tapi kadang mengakibatkan rasa malu serta kesusahan buat mereka serta dirinya. 

Peran Loki

Ia ada jadi lawan beberapa dewa, masuk perjamuan mereka tanpa ada diundang serta tuntut minuman mereka. Ia ialah pemicu penting kematian dewa Balder. Loki terikat pada suatu batu (oleh isi perut satu atau lebih putranya, berdasar sebagian sumber) jadi hukuman, hingga dalam beberapa hal mirip tokoh Yunani Prometheus serta Tantalus. seperti Prometheus, Loki dipandang seperti dewa api.

Dengan raksasa wanita Angerboda (Angrboda: "Distress Bringer"), Loki membuahkan Hel keturunan, dewi kematian; Jörmungand, ular yang melingkari dunia; serta Fenrir (Fenrisúlfr), serigala. Loki dikreditkan dengan melahirkan Sleipnir, kuda berkaki delapan Odin.

Status Loki di Skandinavia pra-Kristen masih cukup tidak jelas. Beberapa sumber era pertengahan yang banyak datang dari apa yang didapati mengenai Loki tidak memberi bukti pemujaan, tidak seperti dewa-dewa Norse yang lain, serta nama Loki tidak tampil dalam beberapa nama tempat.

Narasi Asal Serta Jaman Perak


Penjelajahan pertama Thor mengenalkan pembaca pada dokter Donald Blake. Waktu liburan di Norwegia, Blake terjegal pasukan invasi Stone Men of Saturnus (ras alien yang selanjutnya diketahui jadi Kronans). Saat dokter kaget berlindung dalam suatu gua di dekatnya, ia temukan tongkat, yang ia jam dinding, cuma untuk temukan dianya beralih dengan menegangkan. Blake jadi dewa guntur Thor, serta tongkat itu menjadi palu ajaib Mjolnir. Tulisan pada palu mengatakan, "Siapa juga yang menggenggam palu ini, bila ia wajar, akan berkekuatan Thor." Jadi Thor, Blake dapat terbang serta mengatur komponen-komponen, serta ia berkekuatan mengagumkan. Mjolnir dengan ajaib kembali sesudah dibuang, tapi bila itu ada di luar jangkauan Thor sepanjang lebih dari satu menit, Thor kembali pada jati diri sipilnya jadi Blake.

Baik Lee atau Kirby tidak dengan berkelanjutan bisa masukkan komik Thor ke agenda mereka untuk beberapa waktu pertama, jadi saudara lelaki Lee, Larry Lieber, menulis banyak materi awal. Sesudah beberapa permasalahan, Kirby geser ke judul X-Men serta Avengers yang baru tapi tidak sebelum berperan pada pemeran simpatisan Thor. Sesudah kembali pada New York, Blake buka praktik dengan seseorang perawat muda bernama Jane Foster, yang dengannya dia selekasnya jatuh hati. Ia lama tidak mengerti alter ego Blake, sebab mengutarakan jika pengetahuan itu dilarang keras oleh ayah Thor, Odin, penguasa beberapa dewa Norse di daerah Asgard yang jauh. Saudara tiri Thor yang jahat, Loki, dewa kehancuran, berperan jadi penjahat berulang-ulang yang paling mencolok dari strip itu.

Masa Simonson


Dalam satu tahun, Lee sudah pergi, tapi substitusinya, Gerry Conway serta Len Wein dengan artis John Buscema, melanjutkan adat yang sama dengan Kirby serta Lee. Selama tahun 1970-an Thor jarang-jarang menyelimpang jauh dari bikin biru yang sudah dibangun di Jaman Perak. Buscema masih jadi artis penting sepanjang sejumlah besar waktu ini, menyatukan keterampilan tanpa ada tandingan dengan rasa tindakan yang kuat.

Fans favorite Walt Simonson menggantikan jadi penulis serta penciller Thor pada tahun 1983 dengan edisi no. 337. Dalam terbitan pertamanya, Simonson memutarbalikkan keteraturan yang ada dengan minta Thor menanggung derita kekalahan di tangan alien yang terlihat aneh bernama Beta Ray Bill. Dalam twist yang mengagumkan, Bill dipandang wajar oleh Mjolnir serta mewarisi kemampuan Thor. Bill selekasnya kembalikan Mjolnir ke Thor, serta Odin minta kurcaci Nidavellir untuk bikin palu Stormbringer yang menarik untuk Bill. Simonson bawa Thor di luar angkasa ke satu kolam di Central Park dimana, sesudah dirubah jadi katak oleh rekayasa Loki, Thor pimpin pasukan amfibi dalam perang menantang tikus yang melanggar batas.